Minggu, 29 Juni 2014

Pengertian Periklanan / Promosi (Advertising)


Pengertian Advertising
Advertising adalah Periklanan yang mengekspresikan peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan dan warna yang penuh seni. 

Periklanan (Advertising) merupakan suatu bentuk komunikasi dengan tujuan mengajak orang yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Promosi pada umumnya mencakup nama produk atau layanan serta bagaimana produk dan layanan tersebut dapat memberikan manfaat bagi pembeli dalam rangka untuk mengajak calon pembeli yang memiliki potensial untuk membeli atau mengkonsumsi produk tertentu.
Kegiatan promosi atau yang biasa disebut dengan Advertising mempunyai tujuan khusus, yaitu untuk membujuk, mempengaruhi dan menginformasikan serta mengingatkan seorang pengguna (pelangggan) tentang perusahaan ataupun berbagai produk/jasa yang dimilikinya.

Dalam pembuatan iklan, komunikasi juga sangat dibutuhkan bagi kelancaran proses penyampaian pesan. Advertising harus mampu menjawab empat pertanyaan dalam lima tahap penyusunan rencananya, yaitu:

  1. Apa yang sebenarnya hendak dicapai? Adakah tujuan sesungguhnya dari iklan itu untuk mencapai target penjualan tertentu.
  2. Kapan tujuan tersebut akan dicapai? Berapa lama?
  3. Apa strategi yang paling cocok untuk mencapai tujuan tersebut?
  4. Taktik apa yang paling tepat untuk melaksanakannya? Apa gagasan kreatifnya.

Tujuan utama dari kegiatan periklanan adalah:

  • Menyadarkan komunikan dan memberi informasi tentang suatu barang, Jasa atau ide.
  • Menimbulkan dalam diri komunikan suatu peraaaan suka akan barang, jasa ataupun ide yang disajikan, dengan memberikan preferensi kepadanya.
  • Menyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkannya untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan. 


Periklanan dan marketing
Intinya promosi dilakukan untuk memperkenalkan atau menginformasikan suatu produk/jasa kepada konsumen, setelah konsumen (pelanggan) mengetahui produk tersebut, diharapkan konsumen dapat terpengaruh serta terbujuk sehingga beralih ke produk/jasa yang dipromosikan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMANGAT PAGI, SUKSES SELALU
We Are more than a Partners